Minggu, 23 Januari 2011

KOMPETISI SAAT INI

Persaingan terjadi apabila ada pasar, sedangkan pasar sendiri terjadi apabila ada konsumen penjual dan produk didalamnya. Produk yang bersaing bisa berupa barang ataupun jasa. Jadi persingan ini berarti memperebutkan pasar yang ada dengan cara memberikan kelebihan-kelebihan produk yang dipasarkan. Kepuasan konsumen merupakan tujuan dari perebutan pasar ini. 

Dalam pemenuhan kepuasan konsumen ini, produk yang terbaik yang sesuai dengan ekspetasi konsumen yang akan menang. Yang penting pemasar dan konsumen saling memahami dan sama-sama terpuaskan. Sebagian orang menganalogikan keadaan dimana sepasang muda mudi yang asyik berpacaran di tengah hingar bingarnya mall, artinya semua factor yang ada disekelilingnya dianggap tidak ada, ibarat kata semua orang disekelilingnya di anggap ngontrak , pokoknya indah aja karena “dunia dianggap milik kita berdua”

Cara pandang seperti itu jelas mempunyai banyak kelemahan, karena kurang memperhatikan kondisi sekelilingnya dimana bisnis ini berada, juga kurangnya kesadaran bahwa competitor juga menyediakan fasilitas untuk kebutuhan yang sama bagi konsumen-konsumennya. Kita perlu sadar bahwa sistem kompetisi atas keragaman yang ada akan saling mempengaruhi untuk tetap mencapai keseimbangan yang selalu berkelanjutan.

Kondisi persaingan saat ini memang membutuhkan kepedulian yang lebih dan luar biasa untuk pemenuhan kepuasan konsumen kita. Suatu perusahaan yang besar  dan sehat kadang bisa hancur lebur apabila tidak memperhitungkan persaingan yeng ketat seperti itu, tanpa disadari suatu bisnis dapat menghadapi saat-saat yang sulit  dan menemui kehancuran karena tidak mengikuti ekosistem di sekitar lingkungannya. Jadi perusahaan tidak bisa cuek saja menghadapi perubahan yang ada di sekitarnya.

Menghadapi perubahan ekosistem ini yang mengharuskan perusahaan harus cepat adaptasi dengan competitor sekelilingnya, apalagi menghadapi potensi pertumbuhan ataupun penurunan potensi pasarnya.
Ada beberapa  alternative yang harus segera di lakukan antara lain dengan memperkecil usaha melalui pengurangan tenaga kerja, penghapusan asset dan penurunan biaya, untuk menghindari perang harga antar sesama perusahaan yang berkompetisi yang selanjutnya akan mempengaruhi profit bagi perusahaan.

Akan tetapi bagi perusahaan yang sudah mempunyai asset besar dalam memanamkan investasinya, hal tersebut diatas dirasa akan mengurangi produktifitasnya, maka “Penciptaan Pasar Baru” merupakan alternative paling baik, karena diharapkan  untuk bisa berkembang lebih baik lagi, dan akan berpotensi keberhasilan dimasa yang akan datang. Menciptakan pasar baru merupakan salah satu terapan dari pendekatan ekosistem pada kompetisi. Namun pendekatan ini membutuhkan kerja sama yang harmonis dari tiap-tiap person yang ada untuk kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang.

2 komentar:

  1. Mantaps aplikasi dari teori ke lapangan pasti bikin..area mmu kudus tambah maju, pengembangan SDM dan Output Kinerjanya...amien

    BalasHapus
  2. Siap bro... sukses juga buat anda.

    BalasHapus