Senin, 25 April 2011

MOTIVASI SDM

oleh Muhammad Turmudi

Bila anda ingin memotivasi karyawan:

1.Rasa takut

Jalan ini sepertinya efektif, makanya banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan ini pada karyawannya. agar para karyawannya termotivasi untuk mengejar target yang telah di tentukan. Biasanya perusahaan menerapkan rasa takut ini dengan memberikan banyak sanksi seperti halnya potong gaj, phk dan lain-lain. akan tetapi, untuk jangka panjang pemberian rasa takut berlebihan ini kurang baik dan akan menjadikan stress dan beban moral berkepanjangan.

2. Kompensasi

Kompensasi atau insentif, merupakan pancingan untuk memacu semangat mencapai target. hal ini mempunyai kejelekan apabila begitu pancingan sudah tiada, maka karyawan ini pun malas untukmengejar produktivitasnya. Banyak karyawan yang hanya termotivasi bila ada pancingannya. Bila kompensasi berkurang atau malah hilang, turun dan hilanglah motivasi mereka.

3.Pengembangan Sumber Daya Manusia

Motivasi terbesar ada dalam diri manusiaitu sendiri. Apabila bisa mengolahnya, maka bisa dipastikan perusahaan yang mengembangkan SDM akan dapat meningkatkan produktivitas. Cara agar perusahaan dapat membuka sumber motivasi terbesar ini adalah dengan mengadakan berbagai program training berkala. Sehingga dengan tumbuhnya kesadaran SDM akan memberikan dampak yang positif pada kinerja perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar