Senin, 21 Mei 2012

Sales Skill

Setiap tenaga penjual (marketing) di wajibkan untuk mengetahui dengan pasti urutan-urutan yang harus ia lakukan untuk bisa menjual produk yang ia tawarkan, untuk itu sales skill menjadi suatu panduan agar tercapai keberhasilan dalam penjualan produk tersebut: PROSPECTING : Aktivity awal Marketing, berupa kegiatan bertemu dengan cadeb sebanyak mungkin, bisa canvas (door to door), referensi, komunitas, pusat pengaruh. Mengumpulkan info mengenai cadeb se detail detail nya. Kemudian mengklarifikasi sesuai dengan policy perusahaan. Seperti berapa lama usaha sdh berjalan. Next step APPROACHING : Marketing melakukan pembukaan dan perkenalan. Melihat waktu luang terbaik utk bisa touch cadeb. Menyampaikan tujuan. Melakukan pencarian fakta ; berapa kebutuhan cadeb, analisa keuangan cadeb, taksasi jaminan cadeb, track checking. Fase approach adalah fase sangat penting bagi Marketing utk mengetahui secara detail cadeb. Agar dapat di pertimbangan utk move ke next step. Next step PRESENTING : Lebih kepada penyajian produk Keunggulan produk (UNIQUE) Proses cepat, Mudah, Nyaman Misalnya :Tersedia layanan Pick Up (Plus service) Fitur Produk : Bunga, jangka waktu Fase presenting juga fase yg sangat penting. Pada fase ini sebenarnya sdh dapat disimpulkan. Apakah cadeb dapat diajukan atau reject. Fase presenting mrpakan fase awal TRIAL CLOSING. Close for TUJUAN, MINAT cadeb, KELAYAKAN cadeb. Next Step HANDLING OBJECTION : Biasanya akan ada keberatan2x dari cadeb. Fase ini adalah fase skill Marketing dalam melakukan solving n Drive. Jangan bantah keberatan cadeb. Tapi juga jangan di respon mentah2x semua keinginan cadeb. Lanjutan Handling Objection : LISTEN : dengarkan dengan baik keberatan yg diutarakan cadeb. REPEAT : ulangi keberatan cadeb dengan bahasa kita sbgi bankers. ISOLATE : isolasi keberatan yg di utarakan cadeb. Bahwa keberatan cadeb memang di sebabkan oleh satu hal. Dan pastikan mana keberatan yg msh bisa di fight or mana keberatan yg tidak ada solusi nya. Ingat fase ini... RAWAN utk gagal nya sebuah HOT PROSPEK. ANSWER : jika ada faktor utama yg mempengaruhi keputusan cadeb utk gabung untuk ambil produk kita, fast respon utk memberikan solusi. Hal2x yang WAJIB di HINDARI dalam menjawab keberatan cadeb. 1. Menjelaskan /mendiskreditkan Competitor. 2. Mengarang cerita dgn adanya perubahan2x pricing/policy. 3. Terlihat tidak berminat utk meneruskan pembicaraan. Next Step CLOSING DEAL : Pastikan antara Marketing dan Cadeb sdh di POSISI SIAP & SEPAKAT. Check Kesiapan cadeb (Completed Document) FUP (Speed Up) Say Thank kepada cadeb sdh gabung untuk ambil produk kita. Mintakan Referensi : ini yg di sebut langkah awal membuat komunitas bisnis. Oke Guys HAPPY SELLING